/ default

Opini
Dr. Rusdin T., Universitas Pajajaran


Halaman : 1
Manfaat Pemahaman Tentang Pasar Modal
| 50 views

Banyak orang menganggap perdagangan di pasar modal hampir sama dengan tempat judi. Benarkah demikian ? Memang banyak investor yang bertransaksi saham tanpa informasi yang jelas. Sebagian dari mereka hanya menebak-nebak apakah suatu saham akan naik atau turun. Umumnya mereka mengharapkan hasil yang instant, dengan pengetahuan yang instant pula. Alangkah baiknya jika mereka menginvestasikan pengetahuan mereka untuk memahami strategi perdagangan saham dengan lebih baik. Kesimpulannya, persepsi masyarakat harus diperbaiki dengan cara banyak memberikan strategi perdagangan saham untuk membantu mereka menganalisis investasi saham. Ibarat hendak mengembangkan bisnis baru, mereka harus menginvestasikan waktu mereka untuk mengenali segala aspek yang ada, setidaknya pengetahuan yang dibutuhkan dalam suatu bisnis, dalam kasus ini adalah bisnis "berdagang saham". Salah satu kemampuan yang sebenamya sangat penting bagi investor dan spekulan saham adalah kemampuan membaca pergerakan harga (grafik) saham masa lalu. Dengan pengetahuan membaca grafik masa lalu, diharapkan mereka dapat mendeteksi pergerakan harga di masa mendatang, yang pada akhirnya akan membantu mereka mengambil keputusan dengan tepat.
Keunggulan Bersaing melalui upaya pemberdayaan modal manusia
| 45 views

Persaingan bisnis yang semakin ketat saat ini, menyebabkan ketidakpastian, sehingga perusahaan membutuhkan keunggulan bersaing yang berkesinambungan untuk mengantisipasi keadaan tersebut. Faktor yang dinilai paling potensial dalam mencapai keunggulan kompetitif bagi organisasi adalah penyediaan sumber daya manusia (SDM) dan terkait dengan pengelolaannya (Rusdin, 2015). Dasar pengelolaan manusia merupakan teknik yang cenderung efektif, karena strategi yang paling efektif bagi perusahaan dalam menemukan cara yang unik untuk menarik, mempertahankan, dan memotivasi karyawannya lebih sulit ditiru.
Menuju Globalisasi
| 46 views

Organisasi global memelihara kemampuan mereka untuk menyesuaikan diri melalui budaya perusahaan global mereka. Manajer global yang terus menerus memantau dan mengubah sistem informasi, gugus tugas, arsitektur keputusan internasional merupakan manajer yang terbaik untuk memungkinkan organisasi mereka dapat bereaksi terhadap permintaan baru dari para pesaing, pelanggan, dan pasar.
Hal yang disukai Ilmuan
| 43 views

Karakter Ilmuan adalah orang-orang yang penuh percaya diri dan mandiri. Mereka memancarkan antusiasme dan energi. Hal yang disukai Ilmuan a/ mengejar tujuan-tujuan mereka dengan aktif dan penuh semangat. Tak ada yang lebih mereka cintai dibanding tantangan-tantangan baru. Karakter ini lahir sebagai leader, kompeten, penuh semangat, dan bertanggung jawab.
5 Perilaku Karyawan yg tidak disukai Manajer
| 45 views

Setiap Manajer, membutuhkan karyawan yang bisa diandalkan dan dapat dipercaya untuk membuat perusahaan berkinerja tinggi. Namun sayangnya tidak semua karyawan menunjukkan sikap yang bisa disukai Manajer.
Employee Engagement
| 47 views

Pendorong utama keterikatan karyawan, dalam riset yang dilakukan konsultan sumber daya manusia, Watson Wyatt, adalah fokus kepada pelanggan, kompensasi & benefit, dan komunikasi. Riset tentang opini dan perilaku karyawan itu dilaksanakan di 11 negara Asia Pasifik termasuk Indonesia, Singapura, Malaysia, Filipina, Jepang, India, dan Australia. Di Indonesia, ada lebih dari 370 responden mengikuti riset tersebut.
Generasi X, Y dan Z ?
| 46 views

Istilah Generasi X, Y dan Z digunakan untuk merujuk kepada kelompok generasi dalam kumpulan umur tertentu. Berdasarkan demografi penduduk dapat dibagi (Tapscott,Lowy, dan Ticoll, 2000), sebagai berikut: 1. Pre Baby Boom2. The Baby Boom (lahir antara 1946 – 1964) 3. The Baby Bust (lahir antara 1965 – 1976) – Generasi X 4. The Echo of the Baby Boom (lahir antara 1977 – 1997) – Generasi Y 5. Generation Net (lahir antara 1998 hingga kini) – Generasi Z 6. Generation Alpha (lahir pada 2010) – Generasi A
Pandangan Seorang Menteri tentang Guru !
| 45 views

Berapa jumlah guru yang masih hidup?” itu pertanyaan Kaisar Jepang sesudah bom atom dijatuhkan di tanah Jepang. Kisah itu beredar luas. Bisa jadi itu mitos, tetapi narasi itu punya konteks yang valid: pemimpin ”Negeri Sakura” itu memikirkan pendidikan sebagai soal amat mendasar untuk bangkit, menang, dan kuat. Ia sadar bukan alam yang membuat Jepang menjadi kuat, melainkan kualitas manusianya. Pendidikan jangan pernah dipandang sebagai urusan sektoral.
Faktor X !
| 47 views

Sejumlah eksekutif papan atas Nokia yang ditemui detikINET di sela Mobile World Congress 2014 di Barcelona, Spanyol, mengaku sangat optimistis keluarga baru Nokia X tak akan menemui kesulitan dalam penjualan, khususnya di Indonesia.
Kualitas Team Kerja Sangat di Tentukan Oleh Engagement
| 44 views

Team Kerja dalam mencapai tujuan (goal), dibutuhkan super team bukan sekedar super man. Namun untuk menjaga kualitas sebuah team guna mencapai visi dan misi bersama, ternyata adalah sebuah seni tersendiri.
Kecerdasan Militer Khalid bin al-Walid
| 44 views

Banyak nama yang menggoreskan kisah tentang keahlian militer yang layak ditiru, di antaranya tokoh militer yang paling cemerlang adalah panglima Islam Khalid bin al-Walid, seorang ahli strategi militer, yang memiliki kemampuan menggetarkan benteng Persia dan Romawi dalam hitungan tahun yang singkat saja atas izin Allah. Padahal dua kerajaan itu adalah kerajaan adidaya di kala itu. Karena kepemimpinan militernya, Islam tersebar di Jazirah Arab, Iraq, dan Syam dengan mulia dan penuh wibawa.
Pentingnya Emosi dalam Meningkatkan Profesionalisme
| 43 views

Bahagia di tempat kerja adalah harapan bagi keluarga,atasan, dan stakeholders Tidak hanya produktivitas dan kinerjayang terganggu, jika individu tidak happy dalam bekerja, lingkungan kerja punpasti jadi terasa berat dan melelahkan (disini perlunya kualitas kehidupan kerja).
Indahnya Silaturahim
| 44 views

Persaudaraan kadang seperti tingkah dahan-dahan yang ditiup angin. Walau satu pohon, tak selamanya gerak dahan seiring sejalan. Adakalanya seirama, tapi tak jarang berbenturan. Tergantung mana yang lebih kuat: keserasian batang dahan atau tiupan angin yang tak beraturan.
Manfaat Sosial Media
| 45 views

Banyak pihak yang tidak menyukai Sosial Media, namun tidak sedikit yang menyukainya. Era teknologi menuntut banyak yang terlibat, siapa yang ingin sukses harus bisa beradaptasi dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat.
Renungan Selasa Pagi
| 43 views

Menjadi diri sendiri bukan berarti seenaknya mau melakukan apa pun yang kita mau, namun pada arti yang sebenarnya, yaitu hidup sesuai dengan postensi yang dimiliki, potensi yang telah Allah anugrahkan kepada kita.
Budaya Baca Rendah
| 50 views

Data-data survey menunjukkan, masyarakat Indonesia menempati posisi terendah di Asia dalam budaya memebaca. Rendahnya budaya baca ini tidak hanya terjadi di kalalangan masyarakat, tetapi juga di kalangan pelajar, mahasiswa, guru, bahkan dosen dan akademisi yang mestinya dekat dengan aktivitas membaca. Kebiasaan membaca mereka rata-rata kurang dari satu jam perhari. Kalau komunitas akademik hanya memiliki kebiasaan membaca kurang dari satu jam per hari, maka berapa menit masyarakat umum memiliki kebiasaan waktu membaca (Baidhowi; 2010).

Total Data : 16 dari 16